KONSTRUKSI SEKSUALITAS DALAM FILM (Studi Semiotika Roland Barthes Pada Film Supernova)

Authors

  • Kartini Kartini Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/metakom.v1i1.6

Abstract

Film dapat berfungsi sebagai alat untuk memproduksi dan menyampaikan simbol dan tanda. Film memiliki berbagai macam genre, salah satunya adalah film Sci-Fi (Science Fiction) yang menggunakan postulat science tingkat advance sebagai alat imajinasi ceritanya. Salah satu film Sci-Fi terbaru yang di produksi oleh Indonesia saat ini adalah Supernova (Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh). Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana film Sci-Fi Supernova mengkonstruksi seksualitas melalui tanda-tanda yang terdapat didalamnya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Seksualitas dalam Film Supernova ditampilkan secara langsung maupun tidak langsung melalui tanda-tanda yang terdapat dalam film 2) Tanda-tanda tersebut adalah dialog, shoot, gesture tubuh, dan sudut pandang yang terdapat pada film 3) Seksualitas dalam Film Supernova digambarkan secara fisik maupun psikologis 4) Seksualitas dalam film Supernova digambarkan dalam berbagai bentuk orientasi seksual 5) Film Supernova berupaya melakukan dekonstruksi ‘aturan’ sosial masyarakat mengenai gender dan orientasi seksual.

Kata Kunci : Konstruksi, Film, Seksualitas, Semiotik Rolland Barthes, Tanda.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-03-03

How to Cite

Kartini, K. (2017). KONSTRUKSI SEKSUALITAS DALAM FILM (Studi Semiotika Roland Barthes Pada Film Supernova). Metakom, 1(1). https://doi.org/10.23960/metakom.v1i1.6

Issue

Section

Articles