THE THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA CREDIBILITY (SUMBERSARI TOURISM INSTAGRAM) ON VISITING DECISIONS ON SUMBERSARI TOURISM OBJECTS IN METRO CITY IN THE COVID-19 PANDEMIC

Authors

  • Iskandar - . Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/metakom.v5i2.179

Keywords:

Kata kunci : Kredibilitas, Media Sosial, Keputusan Berkunjung, Pandemi Covid-19

Abstract

ABSTRAK

Fenomena permasalahan pengunjung pada objek wisata terkait komunikasi pemasaran yang dilakukan pihak pengelola terhadap objek wisata, sehingga calon pengunjung tertarik dan memutuskan berkunjung ke objek wisata. Komunikasi pemasaran berperan menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk, merek yang dijual. Banyak media sosial yang dapat digunakan untuk promosi produk. Media sosial yang sering digunakan untuk promosi adalah Facebook, Instagram, dan Twitter. Melalui media ini pengelola bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secara simultan Instagram expertise, Instagram trustworthiness, dan Instagram attractiveness @wisatasumbersari terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata Sumbersari Bantul Kota Metro di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian atas perhitungan dihasilkan nilai Fhitung sebesar 30,696 dengan signifikansi sebesar 0,000. Nilai Ftabel dengan derajat kebebasan (df) = (k -1; n-k ) = (4-1; 97-4) = 3;93 pada tingkat signifikansi 5% (0,05) adalah 2,70. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (30,696 > 2,70) dan sig. 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya variabel Instagram expertise (X1), Instagram trustworthiness (X2), dan Instagram attractiveness (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) pada objek wisata Sumbersari Bantul Kota Metro di masa pandemi Covid-19.

Kata kunci : Kredibilitas, Media Sosial, Keputusan Berkunjung, Pandemi Covid-19

Published

2021-09-14

How to Cite

., I. .-. (2021). THE THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA CREDIBILITY (SUMBERSARI TOURISM INSTAGRAM) ON VISITING DECISIONS ON SUMBERSARI TOURISM OBJECTS IN METRO CITY IN THE COVID-19 PANDEMIC. Metakom, 5(2). https://doi.org/10.23960/metakom.v5i2.179