SIMBOL-SIMBOL PESAN PERSUASIF MELALUI DESIGN POSTER EVENT MUSIK NGAYOGJAZZ FESTIVAL
DOI:
https://doi.org/10.23960/metakom.v2i1.18Abstract
Poster merupakan bentuk media komunikasi yang menggunakan daya tarik visual untuk memperkenalkan, menginformasikan dan mempersuasi khalayak. Penggunaan simbol-simbol yang tepat sangat menentukan keberhasilan poster dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa dan bagaimana simbol-simbol persuasif digunakan dalam poster Ngayogjazz Festival periode 2013-2016. Menggunakan metode Semiotika trianglemeaning dari Charles Sanders Pierce, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan simbol persuasif dalam desain poster Ngayogjazz Festival tidak sekedar mempertimbangkan nilai estetis desain grafis namun juga memperhatikan aspek sosiokultural target audiens di sekitar tempat penyelenggaraan event, yaitu menggabungkan makna budaya tinggi yang melekat pada musik Jazz dengan budaya tradisional milik masyarakat lokal.
Kata kunci : Simbol pesan persuasif, Semiotika Charles S Pierce, Poster .