ANALYSIS OF USE OF INSTAGRAM AS ONLINE CULINARY PROMOTION IN SURABAYA (CASE STUDY ON FOODSTAGRAM ACCOUNT @KOKOBUNCIT)
DOI:
https://doi.org/10.23960/metakom.v5i1.196Keywords:
Instagram; Promosi kuliner; SurabayaAbstract
Foodstagram. Fenomena ini dipelopori oleh foodstragrammer yang memiliki hobi memotret, mereview makanan dan suasana restoran kemudian diunggah di akun media sosial mereka dengan caption yang menarik. Misalnya, harga, lokasi, pendapat mereka tentang makanan, dan suasana restoran. Ada banyak foodstagram di Surabaya yang memberikan informasi tentang berbagai macam makanan, salah satunya adalah @kokobuncit. Akun ini menggunakan nama yang unik. Selain itu, pemiliknya juga seorang pemuda. Akun @kokobuncit juga sangat terkenal dengan pengikut lebih dari 300 ribu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Instagram, @kokobuncit, sebagai promosi kuliner di Surabaya. Melalui pemahaman penggunaan fitur media sosial Instagram yang memiliki layanan berbagi foto dan video. Menggunakan teori komunikasi pemasaran online dalam pemasaran instagram, Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, berdasarkan salah satu informan yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini Instagram dinilai efektif dalam melakukan kegiatan promosi produk kuliner karena Instagram memiliki fitur Post dan Caption dan sebuah foodstagram harus memiliki ciri dan kemampuan diantaranya yaitu dalam bidang fotografi dan pengetahuan tentang produk kuliner.