PENDEKATAN PUBLIC RELATIONS POLITIK CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR
(Studi Pasangan Mahyeldi dan Audy Joinaldy pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Sumatera Barat)
DOI:
https://doi.org/10.23960/metakom.v6i2.258Keywords:
Public, Relations, Politics, Mahyeldi, Audy Joinaldy, PilkadaAbstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah publik relations politik dari pencalonan Mahyeldi dan Audi Joinaldy sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah di Sumatera Barat tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pendekatan Publik Relations Politik, serta faktor penghambat dan pendukung dalam penerapannya. Metode yang digunakan adalah Publik Relations. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi dengan subyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis serta pembahasan atas semua temuan dan data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa bentuk pendekatan publik relations politik yang digunakan Mahyeldi dan Audy Joinaldy adalah: Pertama, Mahyeldi dan Audy Joinaldy melakukan pendekatan relasi politik dengan publik. Kedua, Hype politik dengan mengambil pendekatan publisitas. Ketiga, persuasi politik dengan upaya memperkaya informasi dan mengubah perilaku dari khalayak lewat persuasi politik. Keempat, Manajemen Reputasi politik Mahyeldi dan Audy Joinaldy yang dibangun lewat langkah persuasif yang bertujuan mengubah opini publik.