Gastronomi, Budaya, dan Media Sosial: Sebuah Studi Bibliometrik dan Eksplikasi

Authors

  • Ahmad Riza Faizal Universitas Lampung
  • Tina Kartika Universitas Lampung
  • Bartoven Vivit Nurdin Universitas Lampung
  • Arif Sugiono Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/metakom.v6i2.269

Abstract

Penelitian ini mengkaji dan membangun pemaknaan terkini mengenai konsep gastronomi yang dihubungkan dengan budaya, dan media sosial. Metode yang digunakan adalah bibliometrik dan analisa eksplikasi. Dari hasil olah metadata didapatkan bahwa jumlah artikel penelitian dan peneliti yang berkontribusi pada penelitian di ranah ini naik secara progresif walaupun tidak signifikan dikarena jumlah sitasi yang masih naik turun senada dengan h-index yang dilakukan selama lima tahun terakhir. Dari hasil eksplikasi ditemukan bahwa budaya dalam hubungannya dengan gastronomi diartikan sebagai suku atau daerah dimana makanan atau masakan tertentu berada atau diciptakan. Sedangkan dengan menghubungkan konsep antara gastronomi, budaya, dan media sosial maka didapatkan definisi awal bahwa ketiganya menyatakan fenomena makanan yang unik suatu daerah atau suku tertentu dan dipublikasikan melalui perantara aplikasi media sosial seperti Instagram. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan landasan konseptual dan atau operasional untuk penelitian-penelitian di ranah serupa.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Faizal, A. R., Kartika, T., Nurdin, B. V., & Sugiono, A. (2022). Gastronomi, Budaya, dan Media Sosial: Sebuah Studi Bibliometrik dan Eksplikasi. Metakom, 6(2). https://doi.org/10.23960/metakom.v6i2.269

Issue

Section

Articles