Selain kegiantan belajar dikelas seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Lampung dapat bergabung diogranisasi kemahasiswaa, yaitu himpunan mahasiswa jurusan (HMJ). HMJ Ilmu Komunikasi yang masih terus aktif hingga saat ini didirikan pada 7 Oktober 1998. Merupakan organisasi kemahasiswaan tingkat jurusan yang berada dalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai wadah aspirasi dan aktivitas bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung. Himpunan yang dulu diberi nama HIMA Komunikasi ini terus berupaya meningkatkan kinerja agar dapat memajukan jurusan bahkan fakultas.
Di dalamnya terdapat 6 bidang konsentrasi yang bisa dijadikan sarana pengembangan potensi serta kemampuan bagi pengurus. Di antaranya:
1. ADVERTISING (Periklanan), berperan penting untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan lewat berbagai macam media, baik media cetak maupun digital.
2. BROADCASTING (Penyiaran), memelajari bagaimana menjadi penyiar, pembawa acara, aktor, editor, kameramen, dan sutradara menjadi tanggung jawab bidang broadcasting.
3. JOURNALISTIC (Jurnalistik), berkegiatan dalam bagaimana membuat berita yang baik sesuai dengan kode etik, berbagai informasi menarik yang berhubungan dengan ilmu komunikasi dan hal-hal yang sedang hangat diperbincangkan sudah jelas menjadi tanggung jawab bidang jurnalistik.
4. PHOTOGRAPHY (Fotografi), berperan dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan serta teknik-teknik pengambilan objek sebagai sebuah seni yang dibingkai dalam foto.
5. PUBLIC RELATIONS (Hubungan Masyarakat), merupakan garda terdepan dari HMJ Ilmu Komunikasi. Public Relations berhubungan dengan banyak orang untuk menjaga citra yang baik dari sebuah organisasi sehingga harus terus menjalin hubungan baik dengan stakeholder internal dan eksternal dari suatu organisasi.
6. RESEARCH AND DEVELOPMENT (Penelitian dan Pengembangan), memegang peranan seperti jantung dalam sebuah organisasi agar setiap hal detail dalam organisasi dapat diteliti, diperbaiki, dan dikembangkan.